Kamis, 13 Desember 2007

Ulangan sebagai Alat Bantu Mengajar

Alasan-alasan yang paling sering diucapkan murid jika hasil tes atau ulangan mereka buruk adalah "Tidak belajar", "Tidak tahu hari ini akan ada ulangan", "Gugup", "Tidak tahu persis bahan yang akan dites". Sampai saat ini kebanyakan murid masih takut apabila mendengar jadwal ulangan. Sebenarnya para guru dapat merubah keadaan ini karena seperti alat bantu mengajar yang lain, ulangan juga dapat dijadikan senjata guru untuk meningkatkan antusiasme murid-murid dalam belajar. Untuk menuju arah itu maka pertama kali para guru harus sudah mengetahui target topik yang harus dipelajari oleh murid sebelum memulai mengajar.

Sesuai dengan sasaran

Aktivitas guru mengajar dapat dianalogikan dengan aktivitas melakukan perjalanan dimana ulangan dapat disamakan dengan tujuan akhir dari perjalanan itu. Bermanfaat atau tidaknya perjalanan itu tegantung dari prosesnya, yang dalam hal ini adalah belajar. Apabila dalam perjalanan kita tidak mengetahui tujuan tempat yang akan dituju bisa jadi kita ternyata menuju tempat yang salah. Hal yang sama juga dapat terjadi pada proses mengajar. Seorang guru harus tahu persis topik apa saja yang harus dipelajari oleh murid dalam periode waktu tertentu sebelum memulai mengajar. Agar sasaran ini tetap terjaga , maka tentukan terlebih dahulu topik-topik yang akan diuji dalam ulangan. Dengan berbekalkan susunan topik ulangan tersebut, maka setiap kali guru mengajar, fokus guru akan tetap tertuju pada topik yang akan diujiankan dan bukannya melebar pada topik-topik lain.

Tumbuhkan Sikap Positif dari Murid
Untuk mengurangi ketegangan murid sebelum ulangan maka sebaiknya para guru telah menjelaskan sedini mungkin fungsi tes kepada murid-murid dan sistem penilaian yang akan diterapkan. Informasikan kepada para murid bahwa:

· Ulangan akan membantu memfokuskan proses belajar murid. Katakan pada murid bahwa: "Apabila kamu mengetahui topik apa saja yang akan diuji, maka kamu akan mengetahui topik-topik yang penting dan harus dikuasai sehingga jadwal belajar kamu akan lebih teratur dan terfokus."
  • · Ulangan merupakan kesempatan untuk mengekspresikan pengetahuan yang telah dipelajari. Katakan pada murid bahwa: "Inilah saatnya bagi kamu untuk menunjukkan hasil kerja keras dan belajar kamu selama ini."
  • · Ulangan akan membantu guru mengetahui topik yang belum dikuasai murid. Katakan pada murid bahwa : "Ulangan juga akan membantu kamu karena dari ulangan bisa terlihat topik mana saja yang masih perlu dikuasai lebih lanjut dan juga bisa lahir ide cara belajar yang lebih kreatif agar topiknya menjadi lebih mudah dipelajari."
Buat Kalendar Jadwal Ulangan
Apabila memungkinkan buatlah kalendar jadwal ulangan dan berikan kepada tiap murid salinan dari kalendar tersebut. Kemudian minta setiap murid untuk mengisi sendiri tanggal ulangan berikut topik atau material yang akan diuji. Informasikan juga kepada orangtua mengenai visi ulangan ini. Hal ini penting karena kebanyakan orangtua menilai bahwa hasil ulangan adalah gambaran tingkat kecerdasan anak mereka dan juga akan berpengaruh terhadap kesempatan belajar anak mereka di kemudian hari. Masih banyak orangtua yang tidak segan-segan bertanya kepada anak mereka: "Mengapa kamu hanya mendapat delapan?" atau kapan jadwal ulangan yang akan datang. Karenanya berikan kepada tiap orangtua kalendar jadwal ulangan yang telah diisi dan selain itu informasikan juga kepada mereka kebijakan penilaian yang diterapkan di sekolah berikut pandangan para guru dalam menilai hasil jawaban murid di ulangan. Dengan berbekalkan penjelasan yang lengkap dari guru, maka para orangtua nantinya akan dapat membantu anak mereka dalam mempersiapkan diri menjelang ulangan atau tes.

Melalui fasilitas sekolah online yang dapat diakses melalui www.sekolahindonesia.com para guru dapat mencantumkan jadwal ulangan yang akan diterapkan pada tiap cawu berikut kebijakan penilaian yang diterapkan di sekolah. Orangtua yang juga memiliki akses atas situs www.sekolahindonesia.com ini dengan mudah dapat mengetahui informasi tersebut. Cara ini akan jauh lebih praktis dibandingkan membagikan kertas secara manual karena jadwal ulangan dapat diperbaharui setiap saat oleh guru dengan mudah dan orangtua juga tidak perlu khawatir kehilangan informasi tersebut karena data tersebut telah disimpan dalam database sekolah online.

Strategi Menjelang Ulangan
Terapkan taktik dibawah ini menjelang ulangan. Strategi ini dapat membantu murid untuk belajar lebih tepat dan memperbaiki hasil ulangan mereka:

  • Umumkan tanggal ulangan walaupun setiap murid telah memiliki kalendar jadwal ulangan. Karena para murid membutuhkan waktu luang yang cukup banyak untuk belajar.
  • Tentukan lingkup topik yang akan di uji. Informasikan kepada murid format ulangan dan garis besar topik yang akan ditanyakan.
  • Bantu murid untuk menyusun jadwal belajar mereka. Rencanakan bersama jawal belajar harian di rumah dengan para murid, kemudian minta mereka untuk menyalinnya di buku tugas mereka. Dengan cara ini maka keahlian murid dalam belajar akan meningkat dan membimbing orangtua dalam membantu anak mereka belajar.
  • Tanyakan kepada murid topik mana yang paling susah untuk dikuasai dan juga rencana belajar mereka untuk memecahkan masalah ini. Selain mendorong murid untuk menjadi lebih aktif dalam proses belajar, cara ini juga dapat membantu guru untuk merencanakan topik apa yang akan diajarkan dalam jam pelajaran terakhir sebelum ulangan.

Diskusi Hasil Ulangan
Para guru dapat menggunakan hasil ulangan untuk mendorong murid menjadi "murid aktif" dan memperoleh wawasan baru. Melalui :

  • Analisa ulangan. Setelah mengumpulkan dan memberi nilai pada kertas ulangan, bahas dan diskusikan jawaban yang benar kepada murid sehingga murid bisa tahu persis apa yang diharapkan guru dari mereka. Kemudian kembalikan kertas ulangan kepada para murid dan minta mereka untuk menulis kembali jawaban yang benar tiap nomornya di dalam kelas atau dirumah. Hal ini akan lebih memperkuat memori atau daya ingat murid atas jawaban yang benar tersebut dan juga mengajari secara tidak langsung cara belajar yang efektif.
  • Minta murid untuk menganalisa hasil yang dicapai. Tujuan dari aktivitas ini adalah agar murid benar-benar sadar bahwa mereka juga harus bertanggung jawab atas hasil ulangan yang mereka capai. Caranya, buat angket pertanyaan dan minta murid untuk menjawabnya. Pertanyaan yang diajukan bersifat analisis, seperti: Apakah murid mengetahui topik yang diuji? Apakah murid telah mempersiapkan diri sebelum ulangan? Seberapa baik mereka dalam menjawab pertanyaan?,dll. Guru juga bisa bertanya apakah ada rencana perbaikan yang akan mereka lakukan kalau mereka diberikan kesempatan untuk menjalani ulangan yang sama lagi. Cara ini sangat membantu murid dalam memperbaiki dan menganalisa kemampuan diri sendiri dalam mempersiapkan diri menjelang ulangan

Menganalisa Hasil Mengajar Guru

Hasil ulangan juga dapat memberikan masukan positif kepada guru, karena dapat memberikan gambaran seberapa sukses guru dalam mengajar. Hasil ulangan juga membuka wawasan yang dapat digunakan guru untuk memperbaiki cara mengajar mereka. Dengan menentukan apakah memang ada pola tertentu untuk bisa sukses atau gagal, maka para guru dapat mengidentifikasi kekuatan-kekuatan yang mereka miliki dalam mengajar berikut kelemahannya dan juga rencana mengajar yang lebih baik.

Dengan cara ini maka dapat disimpulkan bahwa ulangan / tes memang dapat membantu memperbaiki cara mengajar guru dari hulu ke hilir. Semua langkah yang telah disebut diatas akan membantu guru untuk tetap terfokus pada :

a. Topik yang akan diajarkan pada murid,
b. Seberapa baik murid dalam belajar.
c. Bagaimana menjadikan murid lebih aktif dan semangat dalam belajarnya.

Repost by pak widd

Tidak ada komentar: